Tuesday, November 24, 2015

Pasar Modal dan Surat Berharga

Belajar ekonomi itu luas cakupannya, kali ini akan kita pelajari tentang pasar modal dan beberapa surat berharga, meskipun belum sepenuhnya tertuang dalam tulisan dibawah ini. Akan tetapi dapat tunggu postingan berikutnya. Ok, enggak perlu panjang kali lebar langsung aja, selamat membaca rekan-rekan.

Pasar modal (Capital Market)  merupakan tempat diperjualbelikannya berbagai instrumen keuangan jangka panjang, seperti utang, saham, instrumen derivatif, dan instrumen lainnya. Pasar modal juga merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi lain (misalnya pemerintah), dan juga sebagai sarana kegiatan berinvestasi.

Pasar Uang (money market) merupakan pasar surat berharga jangka pendek. Baik pasar modal maupun pasar uang  merupakan bagian dari Pasar Keuangan (financial market).

Pasar modal memiliki peranan penting dalam perekonomian suatu negara dikarenakan pasar modal memiliki fungsi ekonomi, yang dapat diartikan bahwa pasar modal menyediakan wahana/tempat yang mempertemukan pihak-pihak yang berkepentingan, baik dari pihak yang memiliki dana  berlebih (investor), ataupun orang/lembaga yang memerlukan dana (issuer). Kemudian pasar modal memiliki fungsi keuangan dilkarenakan dapat memberikan ataupun kesempatan bagi investor untuk memperoleh imbal ahasil disesuaikan dengan karakteristik investasi yang dipilih.

Dengan adanya kegiatan pasar modal yang baik, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian suatu negara. Selain itu dapat mempermudah perusahaan yang sedang membutuhkan dana. Kemudian perusahaan tersebut dapat melakukan ekspansi dan pengembangan usahanya. Selanjutnya dapat meningkatkan pendapatan perusahaan dan memberikan pendapatan bagi masyarakat.

Adapun manfaat suatu pasar modal antara lain sebagai berikut :
1.         Dapat menjadi sumber pembiayaan dalam dunia bisnis, sehingga pihak yang membutuhkan dapat melakukan pengembangan usahanya secara maksimal.
2.        Menyediakan tempat untuk berinvestasi bagi masyarakat, selain itu dapat memungkinkan untuk dapat melakukan diversifikasi portofolio investasi.
3.         Sebagai leading indicator perekonomian suatu negara
4.        Dapat meyebarkan kepemiklikan perusahaan hingga masyarakat menengah ke bawah.
5.        Memungkinkan untuk penyebaran kepemilikan perusahaan, keterbukaan kepada publik, dan meningkatkan profesionalisme agar dapat mewujudkan perekonomian yang sehat.
6.         Dapat membuka lapangan kerja bagi talent-talent yang memiliki kompetensi di bidangnya.
7.        Dapat menjadi tempat untuk berinvestasi dengan memberikan keuntungan yang disesuaikan dengan instrumen investasi yang dipilih.
8.        Dapat menjadi jalan bagi perusahaan untuk menjadi perusahaan yang growth and sustainable bagi usaha yang potensial.
9.        Membuat perusahaan yang semakin terbuka dan dikontrol oleh masyarakat
10.    Membuat manajemen perusahaan yang profesional untuk menjadi perusahaan yang memiliki kualitas dan akan semakin di incar oleh investor.

Surat berharga (securities) merupakan selembar kertas yang menunjukkan hak investornuntuk memperoleh bagian dari prospek atau kekayaan yang dimiliki organisasi/perusahaan yang menerbitkan sekuritas tersebut.

Efek/sekuritas/instrumen investasi merupakan suatu produk investasi yang diperjual belikan di pasar modal dengan tujuan untuk mendapat keuntungan dari hasil kegiatan tersebut,.

Ada beberapa efek yang ada di pasar modal, antara lain :
1.         Efek penyertaan merupakan duatu efek yang memberikan hak bagi para pemegangnya dengan tujuan untuk menjadi pemegang saham dari emitan yang menerbitkan efek tersebut. Contohnya : saham preferen
2.        Efek Hutang meruapakan efek dimana emiten yang mengeluarkan efek tersebut bertujuan untuk menjual surat hutangnya, kemudian akan dibayar kembali pada saat efek terebut jatuh tempo. Kemudian pemegang surat hutang tersebut akan diberikan kupon yang dibayarkan oelh penerbit surat hutang tersebut seseua ketetnutan yang telah disepakati. Contohnya : Obligasi
3.         Efek derivatif merupakan suatu produk turunan dariefek penyertaan maupun efek hutang. Contohnya : warrant, right, option, forward, SWAP, Future dan lain-lain
4.        Efek lain-lain merupakan efek yang ttidak termasuk dari 3 kelompok diatas. Contoh : Reksadana

semoga bermanfaat rekan-rekan.