Investasi di Pasar Modal

Dalam berinvestasi di pasar modal, kita tidak serta merta langsung berinvestasi di dalamnya. Namun, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum melakukan hal tersebut. Karena apabila kita tidak mengetahui beberapa hal tentang apa yang kita lakukan maka sama saja melakukan sesuatu yang sia-sia. Adapun beberapa hal yang perlu diketahui sebelum melakukan investasi adalah sebagai berikut :
1.        Memahami tujuan dari investasi
Memahami tujuan atas apa yang dilakukan adalah hal utama yang harus kita ketahui. Contoh memahami tujuan investasi seperti dana pensiun, biaya pendidikan, membeli rumah dan lain sebagainya.
2.        Menentukan rentang waktu investasi
Hal yang dilakukan berikutnya adalah menentukan rentang waktu berinvestasi, bisa jangka pendek, menengah dan juga untuk jangka waktu yang panjang.
3.        Mengenali profil risiko investasi
Tidak selamanya yang akan kita lakukan itu mudah, semuanya pasti ada risikonya dan risiko yang bisa ditanggung oleh investor berbeda-beda. Risiko dalam pasar modal seperti risk averter, moderate, dan risk taker.
4.        Mempelajari instrumen-instrumen dalam pasar modal
Di dalam pasar modal terdapat bebagai macam instrumen investasi yang bisa dipilih oleh investor untuk berinvestasi. Beberapa instrumen yang bisa digunakan dalam berinvestasi seperti saham, obligasi, suku, reksadana dan lain sebagainya.
5.        Memahami tingkat risiko dari instrumen yang dipilih
Memahami risiko dari instrumen investasi yang dipilih adalah hal penting juga karena apabila mengetahui risiko dari investasi tersebut kita bisa meminimalisirnya.
6.        Menetukan batas investasi
Batas investasi ditentukan dengan profil risiko masing-masing dari investor agar apa yang kita lakukan bisa terkontrol dengan jelas.
7.        Menetukan strategi berinvestasi
Istilah orang yang ingin berperang haruslah menetukan strategi-strategi untuk memenangkan perang. Begitu halnya dalam berinvestasi, harus ada strategi-strategi untuk melakukan berinvestasi agar dapat menentukan cara-cara berinvestasi dengan  benar agar mendapat profit yang maksimal.
8.        Mempertahankan tujuan dari tindakan investasi
Dalam berinvestasi harus konsisten dengan apa yang menjadi tujuan diawal. Untuk mempertahankannya yaitu selalu mematuhi aturan-aturan investasi yang telah diterapkan di awal. 

Popular posts from this blog

Jenis & Komponen Laporan Keuangan

Sifat - Sifat dalam Kepemimpinan

Laporan Keuangan