Fungsi dan Syarat-Syarat Uang

FUNGSI UANG

Uang secara umumnya bisa sebagai perantara untuk bertukaran barang dan jasa. Namun fungsi uang itu terbagi menjadi 2, yaitu:
1. Fungsi Asli
     fungsi asli dari uang itu sendiri kemudian terbagi lagi menjadi 3, antara lain :
  • Sebagai alat tukar (medium of change), fungsi ini uang dapat mempermudah pertukaran barang dan jasa dalam kegiatan transaksi sehari-hari.
  • Sebagai satuan hitung (unit of account). Uang dapat menunjukkan nilai atau value suatu barang atau jasa yang diperjual belikan, menunjukkan besarnya kekayaan seseorang, dan juga bisa menghitung besar kecilnya pinjaman terhadap bank dan lembaga pinjaman lainnya.
  • Sebagai alat penyimpan nilai (valuta), oleh karena itu uang dapat digunakan untuk mengalihkan minat beli dari saat ini ke masa mendatang.
2. Fungsi Turunan
     Berikut beberapa fungsi turunan dari uang :
  •  Sebagai alat pembayaran yang sah : Kebutuhan manusia saat ini semakin bertambah, oleh karena itu, diperlukan alat pembayaran yang dapat mempermudah pertukaran barang/jasa yang dapat diterima oleh semua orang.
  • sebagai alat pembayaran utang : misalkan kita meminjam uang di bank, dengan uang kita juga dapat membayar pinjaman tersebut dimasa yang akan datang.
  • sebagai alat penimbun kekayaan : orang yang berlebihan uang. Kelewatan kayanya. Hehehe.... Jadi ada sebagian uang yang dimiliki tadi disisihkan untuk berinvestasi, deposito, ditabung yang bisa digunakan untuk keperluan dimasa yang akan datang.
  • sebagai alat pemindah kekayaan : misalkan kita punya tanah, kemudian kita berkeinginan membuka usaha baru. Kita bisa menjual tanah tersebut untuk memulai usaha dengan menggunakan uang hasil penjualan tanah tersebut.
  • sebagai alat pendorong kegiatan ekonomi : apabila nilai uang stabil maka orang lebih bergairah untuk melakukan investasi. Dengan adanya kegiatan investasi, kegiatan ekonomi akan semakin meningkat.

SYARAT - SYARAT DARI UANG
Suatu benda atau barang dapat dijadikan sebagai uang jika benda atau barang  tersebut memiliki syarat-syarat seperti ini:
  1. Benda atau barang tersebut dapat diterima secara masyarakat pada umumnya.
  2. Bahan dalam membuat uang harus bisa tahan lama.
  3. Jumlahnya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan juga  tidak mudah dipalsukan.
  4. Uang juga harus bisa mudah dibawa.
  5. Bisa dengan mudah dipindah-pindahkan.
  6. Uang mudah dibagi tanpa mengurangi nilai.
  7. Memiliki nilai yang cenderung stabil dari waktu ke waktu.

Popular posts from this blog

Jenis & Komponen Laporan Keuangan

Sifat - Sifat dalam Kepemimpinan

Laporan Keuangan